Analisa Laporan Keuangan

alk1

Pada tanggal 13 s.d 15 Maret 2017, bertempat di Wisma KFS, Pontianak, Puskopdit Borneo melaksanakan kegiatan inhouse training Analisa Laporan Keuangan, yang diikuti oleh unsur Pengurus, Manajer, Manajer Kantor Cabang, Kabid Penghimpunan Dana, Koordinator Sub Tempat Pelayanan, Staf CUMI, Accountant, Teller dan Staf Keuangan CU Primer Anggota dan Puskopdit Borneo. Kegiatan ini difasilitasi oleh fasilitator internal yaitu Bapak Philipus Dwiraharjo dan Ibu Lusina Uci.

Tujuan inhouse training Analisa Laporan Keuangan, sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pemahaman peserta akan pentingnya memahami laporan keuangan ETAP dalam mendukung perencanaan Credit Union dan pengambilan keputusan.
  2. Peserta dapat melakukan analisis terhadap laporan keuangan di Credit Unionnya sesuai lingkup tugas dan kepentingannya, dapat memperbaiki atau mengusulkan perbaikan area yang masih lemah atau tidak ideal, kemudian memanfaakan hasil analisa laporan keuangan untuk pengambilan keputusan.

Selama 3 (tiga) hari kegiatan inhouse training Analisa Laporan Keuangan, hasil yang diperoleh para peserta yaitu:

  1. Konsep dan Tujuan Analisis Laporan Keuangan
  2. Laporan Keuangan ETAP
  3. Analisa Laporan Keuangan dengan menggunakan teknik analisa
  4. Sumber dan penggunaan dana
  5. Vertikal dan horisontal
  6. PEARLS
  7. Perhitungan Cost of Fund (CoF) dan Yield of Loan (YoL)

alk2

Peserta menilai pelatihan ini sudah sesuai dengan harapan, apabila diprogramkan kembali, durasi waktu pelaks

alk3

anaan perlu disesuaikan,  penyampaian materi antara teori dengan praktek harus seimbang sehingga daya serap peserta lebih maksimal dan mudah dalam penerapan di tempat kerja masing-masing.

Tindak lanjut yang harus dilakukan para peserta setelah mengikuti inhouse ini yaitu:

  1. Para peserta harus menyampaikan hasil yang diperoleh selama inhouse kepada para pembuat keputusan agar menjadi masukkan dalam pengambilan keputusan;
  2. Para peserta harus mampu menyajikan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP;
  3. Para peserta dituntut untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama inhouse untuk kemajuan dan perkembangan lembaga masing-masing; dan
  4. Para peserta harus membagi ilmu yang sudah diperoleh dengan para pengelola dilembaga masing-masing yang belum mengikuti inhouse Analisa Laporan Keuangan. (yn)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *