Pengembangan Produk Credit Union

ppcu3

Pada tanggal 09 s.d 10 Maret 2017, bertempat di Wisma KFS, Pontianak, Puskopdit Borneo melaksanakan kegiatan inhouse training Pengembangan Produk Credit Union, yang diikuti oleh unsur Pengurus, Pengawas, Manajer, Manajer Kantor Cabang, Kadep Kredit dan Penagihan, Kabid Layanan Anggota, Kabid Kredit, dan Staf Keuangan CU Primer Anggota dan Puskopdit Borneo. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama yang dilakukan oleh Puskopdit Borneo dengan fasilitator eksternal yaitu Bapak R. Siswanto dan E. Santoso Tridadi.

ppcu1

Tujuan inhouse training pengembangan produk Credit Union, sebagai berikut:

  1. Peserta mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang proses membangun Perencanaan Strategis terkait produk.
  2. Peserta mempunyai pemahaman praktis mengenai proses menciptakan, memasarkan dan mengevaluasi produk.
  3. Peserta mampu mengimplementasikan proses-proses tersebut dengan benar dan tepat dengan mempergunakan “tools” yang ada.

 

Selama 2 (dua) hari kegiatan inhouse training pengembangan produk Credit Union, hasil yang diperoleh para peserta yaitu:

  1. Teori mengenai pengertian produk;
  2. Teori mengenai rencana usaha strategis;
  3. Tata cara melakukan tahapan dalam melakukan pengembangan produk; dan
  4. Tata cara dalam melakukan pemasaran produk.

Peserta menilai pelatihan ini sudah sesuai dengan harapan, apabila diprogramkan kembali, durasi waktu pelaksanaan perlu disesuaikan,  penyampaian materi antara teori dengan praktek harus seimbang sehingga daya serap peserta lebih maksimal dan mudah dalam penerapan di tempat kerja masing-masing.

ppcu1

Tindak lanjut yang harus dilakukan para peserta setelah mengikuti inhouse ini yaitu:

  1. Para peserta harus menyampaikan hasil yang diperoleh selama inhouse kepada para pembuat keputusan agar menjadi masukkan dalam pengambilan keputusan;
  2. CU Primer diharapkan menyelenggarakan kembali kegiatan inhouse secara internal dengan melibatkan Pengurus, Pengawas, dan TOP Manajemen agar lebih komprehensif dalam menganalisa dan mengevaluasi produk yang ada;
  3. Para peserta harus membagi ilmu yang sudah diperoleh dengan para pengelola dilembaga masing-masing yang belum mengikuti inhouse Pengembangan PRoduk Credit Union. (yn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *